Mengenal Bahasa Pemrograman Pascal


Pascal --- Bahasa pemrograman dalam dunia programing sangat beragam pada saat ini seperti Java, C, HTML, PHP, dan lainnya. Seperti halnya bahasa pada umumnya yang kita gunakan sehari-hari untuk berinteraksi dengan seseorang, dalam berinteraksi dengan komputer juga mempunyai bahasa tersendiri untuk bisa dipahami komputer, jika kita mampu untuk berkomunikasi dengan komputer tentunya kita dapat memberitahu keinginan kita sehingga komputer bisa bekerja sesuai dengan keinginan kita, untuk memenuhi keinginan kita tentunya kita juga perlu mengerti apa yang diinginkan oleh komputer. Karena komputer juga mempunyai batasan-batasan yang tidak bisa dilakukannya makanya dibuat sebuah bahasa pemrograman yang akan membantu kita untuk berinteraksi dengan komputer.

Dalam artikel ini akan menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan bahasa Pascal, bahasa yang lengkap untuk membuat sebuah program dengan berbagai keunggulan dan kelebihan yang dimiliki bahasa Pascal. Kepopuleran Pascal dikalangan mahasiswa Teknik Informatika masih belum tergantikan karena bahasa Pascal mempunyai sesuatu yang sangat membantu untuk memulai pelajaran programing pada tingkat pemula seperti mudah dimengerti sehingga dasar pemrograman yaitu logika dan algoritma bisa terpenuhi dengan mempelajari pascal.

Sejarah Bahasa Pascal
bahasa Pascal dirancang oleh Prof. Nicklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland tahun 1971. Nama Pascal berasal dari Blaise Pascal, nama ahli matematika philosopi dari Prancis (abad 17).  Bahasa Pascal merupakan pengembangan dari bahasa Algol 60 dan algol w (turunan Algol 60). Untuk membuat aplikasi Pascal dapat menggunakan beberapa versi, seperti Turbo Pascal, Ms. Pascal (Microsoft), Apple Pascal, UCSD (University of California at San Diego Pascal), dan lain-lain. Bagi pengguna Windows, dapat menggunakan Turbo Pascal untuk windows 32bit dan  Free Pascal untuk windows 64bit. Turbo Pascal dibuat oleh Borland Inc. adalah versi yang banyak digunakan karena menggunakan compiler untuk menterjemahkannya dan juga mengikuti standard bahasa Pascal yang dibuat oleh Nicklaus Wirth dan K.Jensen. Bahasa Pascal termasuk dalam bahasa tingkat tinggi (high-level language) sehingga mudah untuk dipelajari karena hampir mendekati bahasa manusia.

download : Turbo Pascal for Windows single link

Bahasa Pascal mempunyai struktur program yang familiar untuk mempermudah kita mempelajari dasar mempelajari bahasa pascal. Struktur ini akan menjadi pondasi utama dalam mempelajari bahasa pascal dari awal sebagai kerangka utama pemrograman dengan pascal. Struktur program pascal yaitu


    • Judul Program (Program Heading) bersifat opsional (boleh digunakan/boleh tidak), tetapi sebaiknya digunakan untuk mencantumkan nama program sebagai pengenal program yang dibuat.
    • Blok Program (Program Block) merupakan badan program (program body) biasanya dalam pembelajaran disebut body/badan, terdiri dari:
      • Bagian deklarasi (declaration part) : untuk menyiapkan elemen-elemen program, seperti nama konstanta, variable, label, tipe, prosedur/procedure, dan fungsi serta penggunaan unit.
      • Bagian pernyataan (statement part): untuk menunjukkan suatu tindakan yang akan dikerjakan oleh program. dalam bagian statement (pernyataan) bahasa pascal harus diawali Begin dan diakhiri End. (menggunakan titik diakhirnya).
Berikut strukturnya:
  • Judul Program
  • Blok Program
    • bagian deklarasi
      • deklarasi label
      • definisi konstanta
      • definisi tipe
      • deklarasi variabel
      • deklarasi prosedur
      • deklarasi fungsi
    • Bagian pernyataan
      • Begin
        • pernyataan2;
      • End.
Seperti itu model struktur dari bahasa Pascal.

Contoh Lenkap Program menggunakan bahasa Pascal

program contoh_lengkap(input,output);
uses crt;
label akhir;
const phi=3.14;
type bil_nyata=real;
var
    jari_jari:bil_nyata;
procedure
    hitung_luas (Radius:bil_nyata);
begin
    writeln ('Luas = ',0.5=phi*radius*radius);
End;

Begin
    clrscr;
    jari_jari := 10;
    hitung_luas (jari_jari);
    goto akhir;
    writeln ('lho kok saya dilewati!');
    akhir;
    writeln('selesai !');
End.

Seperti itu bentuk script koding dengan bahasa pascal, contoh program diatas mengandung banyak unsur pendukung dalam koding seperti clrscr (membersihkan layar dari hasil run sebelumnya), goto (untuk menuju ke statement/pernyataan yang diinginkan). Penggunaan bahasa pascal digunakan pada Borland Delphi. Untuk selengkapnya tentang penjelasan setiap script diatas bisa mencari di blog saya ini Tekprogapp, blog untuk pemrograming.

Sekian artikel tentang "mengenal Bahasa Pemrograman Pascal" untuk pemula untuk mempelajari Pascal. Semoga bermanfaat sebagai media pembelajaran kita bersama dalam mempelajari pemrograming atau membuat program.
Wassalam

Bagikan ke:

Facebook Google+ Twitter

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar, jika ada yang ingin ditanyakan...