Belajar HTML Pemrograman Web



HTML --- Membangun sebuah Web Page dibutuhkan sebuah bahasa pemprograman yang lebih dikenal dengan sebutan WEB SCRIPTING. Dikatakan Script karena perintah kode program tersebut akan diinterpreter dan tidak ada kompilasi untuk menjadikannya executable. Berdasarkan letak proses interpreter maka web scripting dibagi menjadi dua kategori, yaitu bersifat client side dan server side.
Client Side dilaksanakan oleh web browser seperti Internet Explorer, Netscape, Opera, Firefox dan lain-lain. Contoh daripada Client Side misalnya HTML,CSS, Javascript, VBscript maupun XML. Sedangkan Server Side dikerjakan oleh Web Server seperti Personal Web Server untuk system operasi Windows 98, IIS untuk system operasi Windows 2000/XP, Apache, Tomcat, Xitami dan Zope. Sedangkan untuk contoh bahasa server side adalah ASP (.Net), PHP, JSP,CFM dan CGI/PL.
Web Scripting yang bersifat Client Side akan menghasilkan web page yang statis dalam arti menekankan pada design format tampilan informasi yang disajikan dan tidak dapat diupdate seketika, karena tidak dapat dilakukan request interaktif dari pengguna dan proses tidak terjadi di server sehingga tidak dapat menghasilkan output apapun. Sehingga untuk menghasilkan aplikasi web bersifat dinamis tidak mungkin, dan harus dikombinasikan dengan web scripting yang bersifat server side.

HTML ( Hypertext Markup Language ) adalah bahasa dasar untuk web scripting bersifat Client Side yang memungkinkan untuk menampilkan informasi dalam bentuk teks, grafik, serta multimedia dan juga untuk menghubungkan antar tampilan web page atau yang lebih dikenal dengan Hyperlink.

HTML(Hyper Text Markup Language) adalah sebuah markup untuk membuat sebuah halaman website. Yang dimana kita dapat menuliskan kode,script atau coding melalui teks editor seperti Notepad, Sublime, Notepad++ dan teks editor lainnya. Kita dapat memberikan warna, Font, menampilkan gambar, membuat garis horizontal dan lainya.

Seperti yang perkembangan HTML saat sudah mencapai untuk HTML 5 otomatis dari setiap perkembangannya pasti suatu kelebihan yang dimilikinya. HTML merupakan suatu dasar untuk kita pelajari untuk menguasai atau ingin menjadi Ahli dalam bidang pembuatan suatu website.
World Wide Web atau WWW atau juga dikenal dengan WEB adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet. Web ini menyediakan informasi bagi pemakai computer yang terhubung ke internet dari sekedar informasi “sampah” atau informasi yang tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius; dari informasi yang gratisan sampai informasi yang komersial. Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Demikian Mengenal dasar HTML untuk Pemrograman Web tentang penjelasan apa itu html fungsi dan sebagainya. semoga bermanfaat.. Wassalam..


Bagikan ke:

Facebook Google+ Twitter

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar, jika ada yang ingin ditanyakan...