Program Pascal : Contoh program pascal menggunakan Array



Program Array --- Kali ini kita akan membahas tentang contoh array kemarin sudah membahas tentang pengertian dan fungsi utama dari array pada artikel kali ini akan bergeser maju sedikit untuk memberikan contoh penggunaan array dalam sebuah program.

Sedikit penjelasan tentang array yaitu penyimpanan sementara data yang diproses dalam sebuah program. Array ini sangat membantu kita dalam pembuatan program yang membutuhkan inputan yang banyak tanpa menuliskan satu persatu variabel untuk menjadi penyimpanan data. array ini digunakan untuk membantu menyimpan data setelah di input, daripada setiap ingin menginput menggunakan variabel berbeda-beda kan lebih ribet, jika data yang ingin diinput sedikit mungkin tidak masalah, namun bagaimana jika data yang ingin diinput mencapai ratusan bahkan ribuan tentu suatu hal sangat merepotkan tanpa bantuan array.

Berikut contoh program yang menggunakan array. Contoh Program array ini tentang memasukkan nilai, program yang sederhana yang dapat menjadi acuan kita dalam membuat program yang lebih besar tentunya. 

Program Array_1_dimensi;
uses crt;
var
    nilaiprak    : array[1..20] of real;
    I,jumlahdata : Byte;
begin
    clrscr;
    write ('masukkan banyaknya data : ');
    Readln(jumlahdata);
    For I :=1 to jumlahdata do
    Begin
          write ('Nilai ke,I,2:');
          readln(Nilaiprak[I]);
          End;
          Readln;
End.

Hasil Runningnya

Dari hasil running program array diatas dapat dilihat, hal pertama muncul yaitu kita diminta untuk "memasukkan banyaknya data". isi sesuai dengan banyak data yang ingin kita input dengan memperhatikan batasan maksimal pada array seperti yang telah kita tulis dalam kode pascal.

nilaiprak    : array[1..20] of real;

Kode pascal yang masukkan hanya maksimal 20 dari kode "[1..20]". Jika menginginkan masukkan data yang lebih banyak silahkan ganti 20 menjadi nilai sesuai keinginan kita.

Untuk memanggil variabel array yang telah dibuat, tulis nama variabel arraynya. Di contoh menggunakan "nilaiprak" sebagai nama variabel. berikut contoh pemanggilan array.

readln(Nilaiprak[I]);

huruf  'i' setelahnya merupakan tempat menginput nilai yang menjadi banyaknya data yang akan diproses, kemudian array sebagai tempatnya. Jadi, setiap menggunakan array diperlukan variabel lain berfungsi sebagai tempat menginput nilai untuk proses array.

Array juga berjalan bersamaan dengan looping atau perulangan, perulangan yang digunakan tergantung kesukaan kita masing-masing. Dalam contoh program array diatas menggunakan perulangan 'for to do' 

For I :=1 to jumlahdata do
    Begin
          write ('Nilai ke,I,2:');
          readln(Nilaiprak[I]);
    End;

Demikian artikel kali ini tentang contoh program array lengkap dengan hasil running dan penjelasan tentang kode pascal. Sekian


Bagikan ke:

Facebook Google+ Twitter

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar, jika ada yang ingin ditanyakan...