Pascal : Menghitung nilai Jajar Genjang dengan Turbo Pascal For Windows (TPW 1.5)

Menghitung nilai Jajar Genjang dengan Turbo Pascal For Windows (TPW 1.5)
Jajar Genjang --- Menghitung jajar genjang menggunakan pemrograman Pascal, dalam melakukan pengkodingan menghitung nilai jajar genjang, yang pertama kita perlu ketahui yaitu rumus dari mencari nilai jajar genjang, karena ini akan dimasukan kedalam koding program. Melakukan pengkodingan dalam mencari nilai jajar genjang seperti dalam contoh sebelumnya tentang kalkulator, yang membedakan yaitu bagian deklarasi prosesnya. kemarin dalam program kalkulator prosesnya berisi tentang matematika dasar yaitu penjumlahan. Dalam jajar genjang berisi rumus mencari jajar genjang.

aplikasi compiler yang kita gunakan dalam praktek kali ini yaitu Turbo Pascal for Windows (TPW 1.5). bagi yang belum punya aplikasinya, silahkan klik link berikut.
Baca juga : https://tekprogapp.blogspot.co.id/2017/10/turbo-pascal-for-windows-tpw-15.html
Koding menghitung nilai jajar genjang sebagai berikut:

Program luas_jajaran_genjang;
uses wincrt
var
     alas,tinggi,L;real;
begin
     write('Program menghitung jajaran genjang');
     writeln('===============================');
     write('masukkan alas;');readln(alas);
     write('masukkan tinggi;');readln(tinggi);
     L:=alas*tinggi;
     writeln('luas jajaran genjang :',L);
End.

Terdapat perbedaan script dalam menggunakan aplikasi compiler pascal, seperti dalam TPW 1.5 menggunakan uses wincrt; berbeda dengan freepascal yang menggunakan uses crt; kedua aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman yang sama yaitu pascal namun dalam penggunaan aplikasinya menjadi sedikit berbeda dikarenakan perbedaan penggunaan dan model system operasi yang digunakan. makanya untuk membedakan system yang digunakan ditambah kode uses . yang merupakan kode pengenal system.
Baca juga : Mengenal bahasa pemrograman Pascal
Untuk penjelasan mengenai pascal bisa klik link diatas. Demikian contoh program kali ini tentang Menghitung nilai jajar genjang dengan TPW 1.5. semoga bermanfaat. Wassalam..

Bagikan ke:

Facebook Google+ Twitter

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar, jika ada yang ingin ditanyakan...