Mempelajari Array Penyimpanan data dalam Pemrograman dunia IT


ARRAY --- Pengertian Array adalah media penyimpanan data sementara pada bahasa pemrograman, media penyimpanan ini berfungsi seperti halnya database, tapi yang membedakannya dengan database yaitu array ini sifatnya sementara dan akan digantikan atau direplace oleh data yang baru. Array diperlukan programer untuk menyimpan data yang akan diproses. dengan array sebagai tempatnya.

Array merupakan hal dasar yang mesti dikuasai programer, entah menggunakan bahasa pemrograman apapun array ini diperlukan. Meskipun pengaplikasian dalam pemrograman berbeda-beda tapi tetap fungsi array yang menjadi dasarnya. Artikel ini untuk semua pemrograman yang menggunakan array, karena membahas secara umum penjelasan tentang array.

Array adalah kumpulan / urutan elemen-elemen data yang bertipe sama dan bentuk syntax-nya adalah tipe_array nama_array [konstanta]; kemudian struct adalah kumpulan nilai data yang boleh untuk berbeda tipe data dan syntax-nya adalah struct nama_struct;(sumber:wikipedia).

Seperti penjelasan dari wikipedia mengenai penjelasannya array ini menggunakan tipe yang sama dengan struct yang boleh berbeda tipe datanya. Dengan demikian, array ini dapat menjadi penyimpanan data sesuai kapasitas tipe datanya dan isinya dapat mencakup berbagai tipe data, seperti string, integer, character ataupun lainnya.

Contoh penggunaan array dalam bahasa pemrograman pascal.

program array_tekprogapp;
uses crt;
var
nm:array[1..3] of string[20];
nl:array[1..3] of real;
i,k:integer;
  begin
clrscr;
  for i:=1 to 3 do
    begin
    write('Nama   :');readln(nm[i]);
    write('Nilai  :');readln(nl[i]);
    end;
writeln('Tampilkan nama dengan nomor urut ' );readln(k);
writeln('Nama Siswa  :', nm[k]);
writeln('Nilai Siswa :', nl[k]:40:0);
readln;
end.

Dari contohnya bisa dilihat posisi array berada dimana. yah, array berada dalam variabel, array termasuk variabel dengan menggunakan tipe data.

nm:array[1..3] of string[20];
nl:array[1..3] of real;

untuk pemanggilan array nantinya hanya akan memanggil nama array seperti dari contoh yaitu nm atau nl.

    write('Nama   :');readln(nm[i]);
    write('Nilai  :');readln(nl[i]);

setelah code pascal ditulis silahkan run. Maka hasil dari running akan seperti contoh dibawah.


Contoh diatas sudah saya isi data.

Perulangan penulisan nama dan nilai itu menggunakan array sebagai penyimpanan datanya. Kemudian dapat dipanggil dengan menggunakan panggilan dengan nomor urutnya.

Dari contoh diatas saya menggunakan perulangan array sebanyak 3 kali. teman-teman dapat memodifikasinya sesuai keinginannya masing-masing. yang penting konsep penggunaan array sudah dimengerti.

nm:array[1..3] of string[20];
nl:array[1..3] of real;
i,k:integer;
  begin
clrscr;
  for i:=1 to 3 do

dan jangan lupa bahwa saya menggunakan perulangan for to do, silahkan pilih perulangan yang disuka gunakan. yang paling penting untuk dimengerti tentang penulisan listing array yaitu

nm:array[1..3] of string[20];
nl:array[1..3] of real;

Dalam array, jenis array terdapat 2 yaitu array 1 dimensi dan 2 dimensi. Perbedaan array 1 dimensi dan 2 dimensi adalah pada bagian deklarasinya. contoh diatas menggunakan array 1 dimensi untuk 2 dimensi menggunakan array dalam array. maksudnya dalam sebuah array terdapat array dibagian deklarasi array tersebut.

Sekian penjelasan mengenai array. semoga bermanfaat.


Bagikan ke:

Facebook Google+ Twitter

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar, jika ada yang ingin ditanyakan...