Program Pascal : Belajar Coding Dasar Membuat Program Pascal Hello



Pascal --- Belajar pemrograman dasar coding pascal dengan membuat program yang menggunakan syntax yang sedikit. Meskipun syntax yang digunakan sedikit tapi coding ini cocok untuk pembelajaran awal bahasa Pascal karena teratur mewakili beberapa struktur yang digunakan dalam membuat bahasa pemrograman pascal.

Program yang akan kita buat dalam artikel tentang belajar coding dasar pascal yaitu program hello. Program dasar pascal ini pertama akan menanyakan nama kita, kemudian akan menyapa kita nantinya sesuai dengan nama apa yang telah kita masukkan.

program pascal cocok digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan login dan register.

Compiler yang saya gunakan yaitu free pascal.




Berikut codingnya:

program hello;
uses crt;
var
nama : string;
begin
writeln ('hello siapa namamu?');
write ('nama anda: ');
readln (nama);
writeln ('senang bertemu denganmu', nama);
readln;
end.

Hasil Running 

Setelah menulis coding diatas saatnya menjalankan program yang telah dibuat dengan mengklik run - run atau menekan kombinasi tombol ctrl + f9 

Nah, apabila program berjalan akan muncul seperti gambar berikut:


Saat berjalan, tampilan pertama yang muncul yaitu menyapa dan bertanya "siapa namamu?" serta diberikan tempat input untuk menuliskan nama. Silahkan tulis sesuai keinginan.

Saya menulis TekProgApp, seperti gambar berikut.


Tampilan terakhir akan seperti diatas. Muncul pesan "senang bertemu denganmu TekProgApp".

Penjelasan

Membuat program seperti ini, kita membutuhkan satu variabel dengan tipe data string yang akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan data nama.

penulisan code variabel dalam pascal seperti berikut.

var
nama : string;

Kemudian, membuat tampilan pertama saat program dijalankan, dalam program pascal untuk menulis sebuah teks menggunakan code write serta writeln untuk menulis teks dan akan memberikan baris baru setelahnya.

Untuk memberikan inputan dalam pascal menggunakan code read. seperti saat membuat teks tampilan dalam program untuk membuat garis baru setelah penulisan hanya perlu ditambah ln setelah read sehingga code menjadi readln.

menggunakan read mempunyai aturan yaitu mempunyai tempat penyimpanan data yang dimasukkan agar nantinya bisa dipanggil.

Berikut cara penulisan codenya.

writeln ('hello siapa namamu?');
write ('nama anda: ');
readln (nama);

Terakhir, saatnya memanggil variabel yang telah mempunyai isi untuk ditampilkan dalam program. cara pemanggilan variabelnya seperti berikut.

writeln ('senang bertemu denganmu', nama);

untuk menampilkan data yang telah ditulis menggunakan code write karena data ingin ditampilkan. Jadi, nantinya bukan tulisan "nama" yang tampil tapi isi dari variabel nama yang telah diinput dalam latihan ini yaitu TekProgApp. Tapi, penulisannya seperti diatas menggunakan koma atas (') dan koma (,) kemudian menulis variabel yang ingin dipanggil.

Selesai, Dan jangan lupa gunakan code readln; diterakhir karena kita menggunakan compiler free pascal supaya program tidak langsung keluar setelah selesai.

Demikian Artikel ini mengenai Belajar Coding Dasar Membuat Program Pascal Hello. Semoga bermanfaat. Wassalam...



Bagikan ke:

Facebook Google+ Twitter

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar, jika ada yang ingin ditanyakan...