Pemrograman Pascal : Program Kalkulator Kali, Bagi, Jumlah dan Kurang

Membuat Program Kalkulator Pemrograman Pascal
Program Kalkulator --- Program kalkulator menggunakan bahasa pemrograman Pascal. Kalkulator ini bisa kita gunakan seperti biasanya yaitu untuk menghitung nilai dengan tambah, kurang, bagi dan kali. Program berikut masih termasuk sederhana karena belum berorientasi objek, tapi ini menjadi pembelajaran dasar kita mempelajari pemrograman bahasa Pascal, sehingga saat nanti beralih ke aplikasi yang berorientasi objek akan lebih mudah dimengerti dengan mengetahui dasar pemrograman.

membuat program kalkulator pemrograman pascal

Pada artikel ini akan menampilkan script atau code cara membuat program aplikasi kalkulator, beserta hasil running. Saya menggunakan turbo pascal for windows by techapple.net sebagai aplikasi compiler dengan Operating System (OS) Windows 8 64bit.


Script:


program kalkulator_tekprogapp;
uses crt;
var
   nilai1,nilai2,hsltambah,hslkali,hslkurang : integer;
   hslbagi : real;
begin
   clrscr;
   writeln('     Kalkulator TekProgApp');
   writeln('===============================');
   write('Masukkan Nilai 1 : ');readln(nilai1);
   write('Masukkan Nilai 2 : ');readln(nilai2);
   hsltambah:=(nilai1+nilai2); hslkali:=(nilai1*nilai2);
   hslbagi:=(nilai1/nilai2);   hslkurang:=(nilai1-nilai2);
   writeln('===============================');
   
   writeln('HASIL');
   writeln('Perkalian : ',hslkali);
   writeln('Pembagian : ',hslbagi:0:2);
   writeln('Penjumlahan : ',hsltambah);
   writeln('Pengurangan : ',hslkurang);
   readln;
end.

Seperti itu script atau code untuk membuat program aplikasi kalkulator, jadi untuk membuat sebuah aplikasi yang menggunakan perhitungan seperti rumus panjang, kubus, segitiga dan lain-lain yang menggunakan perhitungan bisa menggunakan script diatas. Kemudian diganti beberapa code sesuai dengan yang diinginkan atau sesuai rumus.

code program aplikasi kalkulator

Berikut hasil Running. Dalam aplikasi bisa memencet combinasi tombol ctrl + f9 .

Pertama, Masukkan nilai 1 yang akan di kalkulator.
Kedua, Masukkan nilai 2.
Kemudian, tekan enter di keyboard untuk menghitungnya. Maka akan tampil tampilan seperti berikut.

contoh program aplikasi kalkulator


Itulah tampilan akhir program yang telah kita buat, semuanya berbasis teks karena compiler yang kita gunakan memang khusus untuk pemrograman Pascal dasar untuk lanjutan pemrograman pascal biasanya development menggunakan Borland Delphi sebagai pemrograman lanjutan menggunakan bahasa Pascal. karena aplikasi ini sudah berbasis desktop sehingga bagus digunakan untuk membuat aplikasi desktop dengan Pascal sebagai bahasa utamanya. oh iya, Borland delphi ini gratis digunakan jadi kita tidak perlu khawatir mengenai hak dan kewajiban, Sebagai development atau pengembang aplikasi tentu kita menghindari hal-hal yang ilegal seperti menggunakan aplikasi yang hasil crack untuk membuat aplikasi. Karena sesama pengembang biasanya mengerti jerih payah dalam membuat aplikasi jadi tentu kita juga tidak ingin nantinya jika mempunyai aplikasi kemudian hari, di crack orang lain tentu hal yang menjengkelkan. Jadi untuk itu setidaknya hindari menggunakan aplikasi ilegal demi menghargai hasil jerih payah development.

Mungkin sekian dulu artikel kesempatan ini mengenai cara membuat program kalkulator pemrograman Pascal. Nantikan tutorial-tutorial lainnya di TekProgApp. Semoga Bermanfaat, Wassalam.

Bagikan ke:

Facebook Google+ Twitter

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar, jika ada yang ingin ditanyakan...