Pengertian Program, Pemrograman, Programing dan Programer dalam dunia IT

Pengertian Program, Pemrograman, Programing, Programer dalam dunia IT

IT --- Didalam dunia IT terdapat banyak kata-kata yang jarang kita dengar dalam melakukan interaksi dengan orang lain diluar dunia IT, tapi sering kita dengar jika berbicara dengan orang bergelut dalam dunia IT, istilah tersebut masing-masing mempunyai artinya tersendiri meskipun kedengaran seperti memiliki arti yang sama, sebenarnya arti yang ada memang tidak jauh berbeda. Istilah yang mungkin kita sering seperti program, pemrograman, programing dan programer dalam dunia IT. IT merupakan singkatan dari information and Technology,biasanya sesuatu berhubungan dengan computer. Jadi, istilah-istilah dalam dunia IT juga berhubungan dalam dunia computer meskipun tidak semua teknologi adalah computer. Tapi computer merupakan technology tercanggih jadi biasanya technology dikembangkan menggunakan computer sebagai sarananya.

Istilah program, pemrograman, programing dan programer sering kita gunakan sehari-hari dalam dunia IT, tapi mungkin masih ada salah satu dari kita yang belum mengetahuinya, maka itulah tujuan dari artikel ini yaitu untuk memberikan ilnu kepada teman-teman tentang pengertian program,  pemrograman, programing, dan programer dalam dunia it. Program mungkin dari kita sering mendengar kata ini, biasanya kita menyamakan artinya dengan application/aplikasi, untuk penjelasan lengkapnya silahkan perhatikan berikut dengan seksama:

pengertian program, pemrograman, programing dan programer dalam dunia IT

1. Pemrograman
mungkin ada yang bertanya kenapa saya menjelaskan ini terlebih dahulu, itu karena ini merupakan ilmu paling dasar dari ke-4 yang akan dijelaskan. Kata ini nantinya akan dipakai untuk menjelaskan program, programing dan programer.

jadi apa itu pemrograman? menurut wikipedia.com, Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Bisa diambil kesimpulan dari penjelasan tersebut yaitu pemrograman merupakan proses yang dilakukan dalam membuat suatu aplikasi dengan menggunakan cara tersendiri yang telah dirancang. itulah arti pemrograman. dalam pemrograman terdapat berbagai bahasa pemrograman yang telah dicompiler untuk dimengerti komputer, karena computer sejatinya hanya mengerti 0 dan 1 (biner), bahasa pemrograman tersebut antara lain seperti Java, Python, HTML, C, C++, Pascal, Javascript, Ruby, PHP, dan lainnya. Untuk melakukan pemrograman diperlukan keterampilan khusus seperti algoritma, logika, mengerti bahasa pemrograman, matematika juga diperlukan dan sebagainya.

2. Programing
Istilah ini mengandung kata tambahan yang biasa kita temukan dalam bahasa Inggris yaitu ing . ini berarti sedang atau sedang melakukan, Jadi Programing merupakan suatu kegiatan yang sedang melakukan pembuatan program. Dalam melakukan programing ini biasanya melakukan penulisan script atau code.

3. Programer
Seperti sebelumnya ini juga menggunakan kata tambahan dalam bahasa Inggris. Ini menggunakan tambahan er dalam kata program, jadi ini berarti Pelaku dalam membuat program atau lebih jelasnya yaitu Panggilan untuk orang yang membuat program.

4. Program
Program adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer. sumber.wikipedia. Jadi program merupakan hasil setelah melakukan pemrograman. untuk melakukan pemrograman diperlukan sebuah aplikasi compiler yang bertujuan untuk membuat komputer mengerti apa yang kita inginkan. dalam aplikasi compiler mengandung berbagai kelebihannya masing-masing, silahkan pilih sesuai pilihan teman-teman. Seperti dalam Pemrograman Android bisa menggunakan aplikasi Android Studio dan sebagainya.

Tadi sedikit menyinggung tentang application/aplikasi diawal. Jadi apakah aplikasi dan program itu sama? Jawabannya begini, aplikasi yaitu kumpulan program yang memiliki tujuan tertentu. Jadi isi dari aplikasi yaitu program-program yang telah diatur sedemikian rupa untuk mencapai suatu keinginan yang diinginkan oleh user.

Sampai disini dulu artikel tentang Pemrograman mengenai Pengertian Program, Pemrograman, Programing dan Programer dalam dunia IT. Nantikan artikel lainnya di TekProgApp tentang Pemrograman. Semoga bermanfaat, Wassalam


Bagikan ke:

Facebook Google+ Twitter

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar, jika ada yang ingin ditanyakan...